Sunday, December 11, 2016

Blog sepi? Tak perlu galau



Beberapa waktu lalu saya sempat bertemu dengan salah seorang teman blogger yang mengeluhkan blognya sepi. Saya heran saja sampai segitunya dia galau gara-gara cuma karena blognya sepi pengunjung. Kalau saya pribadi sih tujuan utama membuat blog cuma sekedar menyalurkan hobi menulis. Kalau ada yang baca syukur dan kalau tidak ya tidak masalah sama sekali buat saya. Sebenarnya sudah sejak beberapa tahun lalu pingin punya blog sendiri tetapi baru awal tahun ini terwujud. Waktu itu saya tersentil dengan apa yang disampaikan oleh alm. Pramoedya Ananta T. kalau sepinter apapun seseorang kalau tidak pernah membuat tulisan maka dia akan tenggelam. Hmm... saya jadi teringat teman-teman SMP, SMA, dan kuliah dulu. Kalau saya renungkan memang benar sekali apa yang sudah disampaikan oleh beliau itu.

Contohnya saya memiliki seorang sahabat kental sampai sekarang. Sejak SMP dan SMA kami selalu bersama. Hanya saat kuliah kami berpisah. Usai kuliah dia lebih memilih terjun ke dunia bisnis. Hari-harinya selalu diisi dengan kesibukan mencari uang mulai pagi jam 7 sampai larut malam dari Senin ke Senin. Saya melihatnya sekarang dia sudah bukan seperti orang yang pernah saya kenal dulu. Tiap kali mengobrol topiknya selalu tentang uang melulu padahal semasa SMP saya tahu sendiri dia adalah salah satu anak yang aktif berorganisasi dan membuat aneka artikel di mading. Sekarang bahkan internetpun dia sudah tidak pernah pakai. Kelihatan gaptek banget padahal sarjana dari sebuah PTN terkenal di Jakarta. Saya hanya bisa berpikir rupanya waktu sudah mengubah segalanya. Saya hanya menyayangkan potensi menulis dan kecerdasannya terkubur begitu saja. Sahabat-sahabat lain semasa kuliah saya juga sudah tidak melihat eksistensinya lagi selain di medsos yang menurut saya malah sering cuma update status-status yang tidak penting layaknya ABG galau yang membuat saya malah tambah pusing sehingga terpaksa meremove mereka dari daftar pertemanan.

Sumber gambar: twitter JawaPosTV

No comments:

Post a Comment