Saturday, February 17, 2018

XLGO IZI, Langkah Sempurna XL Untuk Bunuh Diri


     Tadi malam salah seorang saudara datang ke rumah meminta untuk mereset mifi XLGOnya karena lupas password aplikasi Hi-Link. Setelah direset, dia meminta saya sekalian untuk memperpanjang paket XLGOnya. Setelah masuk ke web my.xl.co.id saya pun langsung klik pilih paket dan apa yang terpampang di depan mata saya benar-benar membuat kaget, kesal, kecewa, dan marah campur aduk jadi satu. Rupa-rupanya entah sejak kapan XL sudah mengganti paket XLGO lama menjadi XLGO IZI ini (saya juga pakai XLGO). Permasalahannya bukan di situ, tetapi sewaktu saya baca satu demi satu paket-paket yang tersedia saya jadi kebingungan sendiri karena semuanya paket yang ada beda 180 derajat dengan paket XLGO lama. Contoh untuk paket XLGO lama M sebesar utuh 45 GB (termasuk bonusnya sekalian) seharga Rp 125 ribu kini sudah menghilang berubah menjadi Rp 100 ribu tetapiii…. besar kuotanya dipecah-pecah  menjadi 10 GB kuota utama + 10 GB Youtube + 5 GB kuota midnight + 5 GB GB kuota Iflix/supernonton. Kontan deh amarah saya langsung meledak. Langsung saya komplen lewat twitter tetapi sepertinya CSnya cuma bilang silahkan tunggu penawaran menarik lainnya. Seperti sebuah pertanda jika tiba waktunya bercerai mati dengan XL. Sebenarnya belakangan ini koneksi XL sudah agak membaik (walau belum memuaskan). Lebih jarang trobel dibandingkan beberapa bulan lalu. Itulah yang membuat saya bertahan dengan XL tetapi dengan paket XLGO IZI ini sepertinya memang hubungan dengan XL sudah tidak bisa dipertahankan lebih lama lagi.
     Sekarang coba dianalisis lebih jauh kerugian pelanggan jika memakai paket XLGO IZI terbaru ini:
1. besar kuota menurun tajam. Dengan tarif lama (untuk M) Rp 125 ribu sebesar 45 GB sementara tarif baru dengan total 30 GB jelas ada penurunan kuota signifikan sebesar 15 GB (turun 30%) meskipun tarifnya juga diturunkan menjadi Rp 100 ribu (turun 20%).
2. pemecahan kuota menjadi 4 bagian. Contoh untuk kuota M sebesar 30 GB maka praktis bagi saya akan ada banyak kuota terbuang. Pertama yang jelas kuota iflix/supernonton karena sudah pasti tidak akan pernah saya gunakan. Ini mirip kasus HOOQ dan ViU-nya Telkomsel dulu yang sempat menimbulkan banyak pelanggan protes. Saya tidak tahu entah kenapa XL tidak bisa belajar dari kesalahan provider lain. Eh sekarang malah Iflix atau Supernonton yang tidak dibutuhkan malah diikutkan dalam paket XLGO IZI. Kuota midnight itu paling yang saya gunakan tidak sampai 10% yang berarti akan mubazir juga. Praktis kuota yang tersisa tinggal 20 GB dan itupun yang 10 GB khusus Youtube padahal saya jarang sekali menonton Youtube (kecuali si kecil). Seminggu mungkin cuma sekali dan paling 2-3 video singkat. Jelas rugi besar buat saya. Akhirnya kuota yang benar-benar saya gunakan hanyalah 10 GB. Rp 100 rb hanya dapat 10 GB? Benar-benar merupakan sebuah upaya bunuh diri XL yang sangat sempurna. Sialnya saya tidak diberikan opsi kembali ke paket XLGO lama.  
Seharusnya XL dari jauh-jauh sudah mensosialisasikan paket XLGO IZI ini sehingga saya sebagai pelanggan bisa menilai apakah akan menyukai paket baru ini atau tidak. Dengan begitu seandainya ada pelanggan yang tidak menyukai dan berniat pindah operator sudah bisa mempersiapkan diri jauh-jauh hari. XL juga seharusnya berpikir bahwa TIDAK SETIAP orang memerlukan paket-paket tak penting seperti iflix, supernonton, youtube, atau midnight. Jangan pukul rata kebutuhan setiap orang! Bagi orang-orang yang kerjaannya menonton mungkin paket ini menarik tetapi buat saya yang sebagian besar untuk kerja jelas paket ini sangat memberatkan. Saya akan lihat perkembangan 1 bulan ke depan apakah saya akan diberi opsi balik ke paket lama atau tidak. Jika tidak maka bye bye XL! 


Update 17 Maret 2018
Maaf baru update. Rupa-rupanya sebelum paket internet saya berakhir XL sudah mengembalikan pembelian paket XLGO lama. Jadi bagi yang masih mau membeli paket XLGO lama masih bisa dilakukan sampai sekarang tetapi bagi yang sudah pindah paket ke XLGO IZI sepertinya tidak bisa balik kucing lagi ke paket XLGO lama.  Yah semoga saja paket XLGO lama ini bisa tetap bertahan lebih lama.
Oya rencananya sih kalau seandainya saya tidak bisa balik ke paket XLGO lama, saya akan pindah ke IM3 Yellow dengan harga Rp 1 ribu untuk 1 GB per hari tetapi setelah melihat banyak yang terpotong pulsanya padahal kuota paket internet masih ada maka akhirnya saya batalkan. Rupanya pihak Indosat masih belum siap dengan paket barunya itu. Dari semua pilihan produk paket internet sampai saat ini yang masih lumayan hanya XLGO lama ini walaupun belum bisa memenuhi semua harapan. 



Update (the last): April 2018
Saat ini saya sudah tidak menggunakan XLGO karena koneksi internet XL yang terus memburuk. Sudah bukan lemot lagi tapi sudah RIP.  Kartunya juga sudah saya buang. Baca lanjutannya di sini.

















54 comments:

  1. Masih bisa mas pakai dial *123# paket XL GO lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya coba lewat aplikasi USSD Hilink dan hasilnya failed. Akan tetapi seandainya sudah tidak diberikan opsi balik ke paket lama toh saya sudah punya kandidat operator lain yang lebih murah dan lebih baik. Trims.

      Delete
    2. XL memang sialan!.. Main paksa pindah ke IZI!

      Delete
    3. om nazmi, kandidat operatornya apa om? bisikin dong, biar aku juga ikutan pindah.

      Delete
  2. Klo Saya pikir, Kamu tidak sengaja salah pencet "Beli" pada kolom Beralih ke XL GO IZI dengan Gratis 10 GB seharga 0 rupiah. Karena XL GO saya klo klik Beli Paket, nanti ada 3 kolom, yg paling atas Beralih ke XL GO IZI (sama seperti screenshot di atas), yg tengah lagi2 Beralih ke XL GO IZI (kolom tidak menampilkan harga seperti screenshot di atas, tapi hanya berisi Dapatkan 10 GB gratis dengan Beralih ke XL GO IZI dengan klik Beli seharga 0 rupiah, dan yg bawah XL GO BROADBAND (XL GO yg lama). Rata2 teman2 saya yg pada kehabisan paket dan kehabisan pulsa tanpa pikir panjang/ tidak sengaja klik Beli pada kolom tengah, di mana kita langsung keblokir akses ke XL BROADBAND/ XL GO lama.


    Selain itu, kemungkinan kamu juga melakukan 2 kesalahan.
    Kesalahan 1: XL GO pada dasarnya diperpanjang secara otomatis, klo kamu selalu kehabisan kuota, lebih baik Beli paket L 85 GB harga 200 rb ATAU mengisi pulsa cadangan seharga paket sebelum paket yg digunakan habis waktu, karena klo misal paket tersebut sudah tidak ada/ harga naik, selagi masih ada pulsa sesuai paket yg terakhir kita beli, maka kita akan tetap terus menggunakan tarif dan kuota sebelum paket tersebut hilang/ harga naik

    Kesalahan ke 2: Kamu pada dasarnya sudah langganan paket M tp (mungkin) kuotamu habis, dan kamu terpaksa beli paket XL GO IZI 100 rb karena paket XL GO BROADBAND sudah tidak ada, padahal hal tersebut menyebabkan langgananmu yg paket M XL GO BROADBAND hangus digantikan sama XL GO IZI 100 rb.

    Saya sarankan kamu beli kartu XL GO BROADBAND yg lama di Tokopedia. Nanti dapet gratis 60 GB, dan selagi gratis kamu isi 125 rb, karena masuk bulan ke 3 otomatis perpanjangan paket M

    Klo km bilang km mau pindah operator yg lebih murah dan lebih baik itu sangat mustahil. Yg lebih murah ada, 3, tp lebih lambat dr XL. Dan yg lebih baik dr XL ada, telkomsel, tp harga mahal & banyak pembagian kuota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini bener banget.
      Kasus saya, paket saya habis dan daya isi pulsa 125rb. Pas lagi pilih2 paket, saya kaget ko pulsa saya sudah 0 rupiah dan ada notif bahwa paket xl gi izi sudah aktif.

      Merasa ditipu saya sebagai customer...

      Dan apa tidak ada cara lain kah agar bisa kembali kepaket lama selain beli kartu lama di tokped atau sejenisnya?

      Delete
  3. Saya sudah dapat SMS pemberitahuan dari XL. Bahwa paket XL go sy akan di pindahkan ke XL go izi pada tanggal 30 Maret. Sy belum siap untuk kehilangan XL go broadband T.T

    ReplyDelete
  4. dapet sms migrasi xl go ke izi mulai 30 april, kbangetan dah. Apa,dipikir smua orang pake data buat hiburan.

    ReplyDelete
  5. Ad ide paketan inet yg bebas semacam XL GO..g pke bagi2 kuota?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jejak..nnt klo ada kasih tau ane y gan...makasih

      Delete
    2. Coba telkomsel extravagansa sy pake 12gb pure +1 gb viu 65rb klo ndak salah

      Delete
    3. Coba telkomsel extravagansa sy pake 12gb pure +1 gb viu 65rb klo ndak salah

      Delete
  6. Saya jg dapet sms migrasi xl go ke izi mulai 30 april, kebayang dgn harga lbh mahal dapet paket di bagi2 jam & situs2 gak perlu, kalau bisa kembalikan lg dgn tarif & quota yg sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. sy jg sangat menyesal waktu itu tdk sengaja ke pencet beli paket izi go padhl pulsa sy cm 4 rb.yg seharus nya tdk bs untuk membeli paket go izi.tp kenyataanya malah jd kebeli paket nya...
    sy ingin balik lg k paket xl go.kalau ke xl center bs ga yah d balikin lg k paket xl go?

    ReplyDelete
  8. XL memaksa pelanggan untuk pindah ke IZI tanggal 1 Mei ini.
    Coba saja lihat bagaimana perkembangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes bnr bgt, dn aq udah paketan xlgo jd ilang gt aja ganti paket baru xlgoizi

      Delete
    2. sama mba kesel aku baru aja ngisi eh jadi paket xl go izi

      Delete
  9. kalo pake sistem inject di toko2 online masih bisa ga? banyak tuh yg jual kuota xl go yg tipe lama

    ReplyDelete
  10. Tanya dong,kan klo dibaca diketerangan xl,klo kuota xl go izi itu otomatis dikonversi klo kita isi pulsa sesuai dengan harga paket yg kita pilih tp kok yg saya ga berubah jd kuota ya?ada yg bisa ksh pencerahannya ga

    ReplyDelete
  11. Sama... Saya juga pelanggan xl go udah setaun. Tiba tiba tadi malem ada sms dari xl
    Mulai 01/05/18 XLGO Anda akan berubah jd XLGOIZI. Beralih skrg s.d pkl 18:59 utk dpt GRATIS 10GB! Akses bagian "Beli Paket" di my.xl.co.id Info 817 XP583A

    Untungnya kuota lama masih ada jadi tinggal nunggu R.I.P aja ini kartu

    ReplyDelete
  12. Waw. saya sangat kagum dengan apa yang Anda(penulis) bahas

    ReplyDelete
  13. saya sudah DM ke XL..dan bagi yang ga setuju sama2 protes saja ke XL karena kalau kita ga protes mungkin XL merasa aman2 saja. Karena XL GO IZI ga bermanfaat buat saya yang menggunakan XL GO untuk bekerja, bukan hiburan

    ReplyDelete
  14. judulnya artikelnya nendang abis. saya pun mengalami hal yg sama. langganan xl go, karena paket S/M/L nya. ladalah di ganti paketnya

    ReplyDelete
  15. beli aja perdana copotan xl go. abis pake buang...

    ReplyDelete
  16. aduhh. abis dr xl center, ternyata baru tau kalo dipaksa beralih ke izi, nyari2 di google ketemu blog ini hehehe ternyata banyak yg marah2 ya.. ngeri nya ndak bisa ada cara utk kembali ke xl go lama.. kawan2 yg senasib per 1 mei apa ada cara ngakali atau ganti kemana gitu..? share donk..

    ReplyDelete
  17. Wah ternyata bukan saya aja yang merasakan kesesalahan masalah ganti paket, nyari di google untuk bisa kembali ke paket xl go yang dulu, ternyata tidak bisa, xl memaksa pelanggan untuk beralih ke paket baru xl go izi. Dan sangat menyesal setelah ganti paket baru. Ternya paket nya di bagi2 kaya telkomsel sialan. Jadi bingung keluhan saya nih...

    ReplyDelete
  18. saya juga emosi banget sama XL...
    kemarin2 sempet ancur koneksinya...
    ini sekarang ditambah upaya pemaksaan dan pembodohan konsumen agar pindah ke XL IZI...
    tapi nyatanya malah RUGI...

    biasanya 125.000 dapat kuota 43GB Full tanpa dipecah pecah, ini harga 100.000 dapat kuota cuma 30GB... itupun masih dibagi bagi penggunaan dan jamnya..

    XL emang makin parah....
    ada trouble nanya ke cs twitter solusinya suruh sabar, mentok restart modem XL GO.
    saya hari ini mau komplain ke kantor XL... kalo trnyata kartu ini ga bsa balik lagi ke paket broadband 43GB ya dengan terpaksa putus hubungan sama XL....

    ReplyDelete
  19. X1 emang aj****ng kan. G tahu udah di bangga2 in murah nya emalah. Penghianat .............

    ReplyDelete
  20. Ya gimana gak kesel ya, yg tadinya 150 ribu inject bisa dapet kuota 80GB, sekarang izi 200 ribu cuma dapet kuota utama 20GB. 40GB nya lagi kuota yg gaada gunanya (iflix, supernonton, youtube, kuota malam). Kinthil!

    ReplyDelete
  21. April masih bisa paket plan tp sejak mei sudah ganti ke izi... Males bgt jadix. Sisa paket tinggal 8 hari... Hanya menunggu hari untk tinggalkn XLGO.

    ReplyDelete
  22. Holy Shittt.. baru mau nambah kuota, kok jadi dibagi2 gini.. fcking hell xl.. shittt baru make 2 bulan... wedus.. ini modem cuma bisa buat xl go kah? akhh.. gimana nih.. ada solusi ga gan? akhhh

    ReplyDelete
  23. plis jawab dong gan. ane masih ada kuota yang xl go sekitar 140gb, masa aktifnya bentar lagi..
    gimana cara perpanajang masa aktifnya ? kalau beralih ke xl go izi apakah kuota xl go nya akan hangus ? atau terakumulasi (gabung) dengan xl go izi ?

    ReplyDelete
  24. Barusan abis paket. Ga engeh kalo diganti paket xl go izi. Bru ngisi pulsa 100rb pikir mau beli 75rb eh taunya lgsg 0 pulsanya. Dpet quota abal2 begini dibagi2 kyk pizza. Saya telp csnya jg ga bsa apa2 mereka. Abis paket ini. Selamat tinggal xl go. Mending theter pake hp.

    ReplyDelete
  25. Alamat balik ke 3 lah ane 100 rb 30 gb tp ya gitu sinnyalnya kalo di dlm bgt ruangan gak bagus tp klo di rumh untungnya bagus..

    ReplyDelete
  26. Ane per hari ini secara otomatis pindah paket jadi go izi, karena ane lupa isi pulsa, paket broadband ane otomatis terhenti. Mungkin jika rutin isi pulsa sebelum masa aktif broadband habis, maka tidak beralih otomatis ke go izzi

    ReplyDelete
  27. Rese dah pokoknya. Kebnyakan hiburan paketnya. Kita pekeerja gk perlu kaya gtu.

    ReplyDelete
  28. Di sy malah lebih licik. Sy sdh daftar paket internet broadband m, lalu mereka lakukan pembelian otomatis yg pulsanya dipotong dr nomor prioritas sy tanpa ijin. XL bangsat!

    ReplyDelete
  29. Sy lebih baik pake telkompsel yg extravaganza Walau kuota lebih dikit jaringan bagus kuotax max 24jam sy biasa beli yg 12gb internet pure 65rb bye xl go

    ReplyDelete
  30. Kalo saya pengacara udah gw tuntut secara hukum nih operator nakal model xl ini.

    Inget nggak dulu pernah microsoft di hukum di pengadilan usa karena maksa pembeli pengguna windows harus pake browser explorer.

    2. Model maksa pengguna beli paket nonton film itu adalah
    pembodohan bangsa....secara sistematis.

    Banyak hal hal positif bisa digunakan.oleh paket data internet.. Selain nonton.film.

    Anda semua mau generasi muda kita kerjaannya nonton. Duh...gusti dimana ini mentri infokom...

    3. Saya mencium praktik KKN bos bos xl dengan iflix.

    4. Sadar wahai konsumen... Model paket beginian (sebelumnya dilakukan juga twlkomsel) sebenarnya sama saja kita beli beras raja lele dioplos dwngan beras raskin...atau beli harga pertalite tapi dioplos pake pake premium.

    Salut saya sama konsumen Indonwsia yang super sabar...dan suka memaafkan.
    Makanya praktik culas begini tumbuh subur.

    ReplyDelete
  31. Saya juga suka paket XLGO yang lama, bulan kemarin tiba tiba saja paketan saya beralih ke XL GO IZI. Dan setiap isi pulsa langsung otomatis diconvert jadi paket XL GO IZI. sangat mengesalkan, ingin pindah ke indosat tapi sinyal di daerah sy masih belum terjangkau

    ReplyDelete
  32. Saya baru aja hari ini pakai paket XL GO IZI tapi kenapa tdk bisa akses apapaun ya.. whatsapp, instagram, youtube dan lainnya tdk bisa dibuka. Ada yg tau gak knp?? Sinyal 4Gnya pdhal ada jdi kesel sma XL 🙁

    ReplyDelete
  33. Xl go izi bikin kesel aja saya mau beli pakek extra combo baru mau klik beli tau tau pakek xl go zizi aktif sendiri bangke rugi sy jdnya anjing

    ReplyDelete
  34. Xl go izi bikin kesel aja saya mau beli pakek extra combo baru mau klik beli tau tau pakek xl go zizi aktif sendiri bangke rugi sy jdnya anjing

    ReplyDelete
  35. setelah 2 bulan dipaksa pindah ke xl go izi, per hari ini saya memutuskan menggunakan tri kemodem xl go lumayan beli paket 33GB cuman 83Ribu

    ReplyDelete
  36. Sy udh pake telkomsel flash. 25gb 155k. Tp dipikir2 mahal jg, mau pindah ke indihome aja 315k udh dpt unlimited intternet + tv

    ReplyDelete
  37. Baru seminggu pakai, kuota reguler sudah habis. Kuota lainnya praktis tidak terpakai. Mau beli lagi sayang, 100 ribu untuk seminggu. Akhirnya dengan terpaksa harus mengucapkan "Selamat Tinggal Broadband XL". Modem nganggur jadinya karena saya beralih ke Tree, 110 ribu dapat 38 GB. Miris sekali XL.

    ReplyDelete
  38. Sy udh pakai indihome. 315rb udh dpt internet unlimited tambah tv. Dipikir2 sama saja pengeluaran beli paket internet berkali2 selama sebulan. Skrg tdk ada was was habis kuota

    ReplyDelete
  39. Kuota xl go sdh tidak di pisah2 lagi ,sdh banyak tekanan mungkin jd xl nge balikan seperti semula,hanya kuota sj yg di kurangin,50 rb 10 gb dr yg 15 gb,cuma bedanya sdh full paket internet 24 jam tidak di blok2 lg

    ReplyDelete
  40. Hari ini malah udah bisa dipake di 9 negara kalau XL GO IZI bundling baru aktivasi mulai 6 Juli 2018

    ReplyDelete
  41. bang ane kan beli modem mifi xl go. tapi norm XL dari bawaan mifi XL go hilang. apakah dengan beli baru bisa aktifin paket mifi xl go apa gimana,? tolong bantu ya bang.
    makasih

    ReplyDelete
  42. Tidak. Bawa ke XL Centre aja nanti dikasih nomor lama.

    ReplyDelete
  43. kouta aktif selamanya loh,, xl hanya memudahkan pelanggan,

    ReplyDelete