Tuesday, April 3, 2018

Let You Go, XL-GO!!

     Kenapa harus berpisah dengan XL?
1. Suka maling pulsa! Dah berkali-kali pulsa saya dicuri dan berkali-kali pula saya komplain. Karakternya 11 12 dengan operator kuning. Dulu operator kuning ini adalah andalan saya tetapi lama kelamaan suka banget colong pulsa. Bahkan saya pernah sampai komplen ke galerinya dan hasilnya pulsa tetap tidak mau balik. Sejak itu kapok pakai operator kuning. Kalau XL ini masih mau balikin pulsa walaupun yang dibalikin cuma sedikit dan butuh waktu sangat lama lagi. Akan tetapi namanya maling ya tetap maling tidak peduli berapapun jumlah yang sudah dicurinya.
2.  Anti mainstream. Di saat operator lain berlomba-lomba menurunkan harga paket internet, eh XL masih aja bertahan dengan paket-paket lama yang mahal. Contoh si kuning sudah mengeluarkan paket Yell*w Rp 1000 untuk 1 GB per hari. Begitu pula si angka juga telah melepas paket Rp 2000 untuk 2,5 GB per hari. Walaupun masih mahal tetapi operator merah juga sudah mulai menurunkan harga sebagian paketnya. XL masih gembar gembor paket “murah” Rp 10 ribu dapat 30 GB yang ternyata itu sebenarnya cuma 1 GB sementara sisanya biasa buat layanan-layanan internet yang tidak setiap orang memerlukannya. Apalagi terakhir dengan meluncurkan XLGO IZI jelas-jelas merupakan sebuah blunder XL yang sangat sempurna. Harga paket XL GO Broadband Plan yang sudah “lumayan” bersahabat malah diganti dengan paketan baru XLGO IZI yang mencekik.
3. Yang terakhir adalah koneksi internet yang semakin memburuk seminggu terakhir ini.  Sudah seminggu lebih internet XL terkena pemadaman bergilir byar pet dan saya pun langsung pindah menggunakan “koneksi serep” si merah. Di komputer jelas sekali terlihat ada tanda seru kuning di pojok kanan bawah padahal sinyal LTE 3 bar. Sebenarnya gejala-gejala ketidakberesan XL sudah lama terjadi beberapa hari lalu dengan sering internet XL putus nyambung putus nyambung walau sinyal ada. Dan seperti biasa saya pun rajin komplain dan si CS juga rajin menjawab dengan kalimat-kalimat default seperti restart hape, airplane mode, dll yang basi banget dan tak pernah menyelesaikan masalah. Padahal sebelum komplen CS sudah saya restart mifi berkali kali tetapi masih juga memble internetnya. Hingga tulisan ini dimuat (3 April 2018) koneksi internet di lokasi saya masih sering mati. Kalau dijumlahkan mungkin total sudah 10 hari koneksi internet XL mati suri. Sebuah rekor yang luar biasa! This is the worst ever!


     Sebenarnya ada yang bilang jika hancurnya koneksi internet XL akibat penataan frekuensi jaringan tetapi yang menjadi pertanyaan saya, apakah menata frekuensi harus dilakukan dengan mengorbankan pelanggan? Kalau memang demikian mengapa tidak ada kompensasi sama sekali dari pihak XL? Logikanya bukankah kerugiaan pelanggan yang sudah jelas-jelas akibat ulah produsen harus diberikan kompensasi? Dimana UU Perlindungan Konsumen? Cuma angin kali UU itu dibuat padahal untuk membuatnya dulu rakyat sudah mengeluarkan banyak uang.  Akhirnya berhubung tidak mungkin putus hubungan dengan koneksi internet maka saya pun terpaksa memasukkan simcard Telkomsel ke dalam mifi (untung UNLOCK) dan koneksi internet pun kembali lancar . Saya pun kembali komplen kepada CS XL dengan menggunakan koneksi internet Telkomsel tetapi yang unik mereka tidak membalasnya seperti hari-hari sebelumnya. Entah karena mereka kebanjiran jutaan komplen atau internet mereka sendiri koit sehingga tidak bisa terhubung ke internet dan membalas komplen pelanggan. Bagi saya ini adalah gangguan internet yang terburuk belakangan ini dan anehnya sama sekali tidak ada kompensasi dari XL. Saya sendiri tidak memiliki kepastian kapan koneksi internet XL akan pulih sehingga saya pun akhirnya juga tidak betah jika harus menunggu berhari-hari tidak jelas. Solusinya tentu pindah operator. Buat apa menggunakan operator yang sudah jelas-jelas koneksinya mati? Memang ikan apa yang walau mati masih laku dijual? Koneksi internet mati ya mending ke laut saja deh! Sementara waktu ini saya masih menggunakan Telkomsel. Terima kasih buat XL yang sudah kasih layanan internet yang lebih banyak bikin sakit kepala selama hampir 1 tahun ini! Saya yakin hidup saya akan lebih bahagia tanpa XL!!

     Kandidat pengganti XL awalnya adalah paket Yell*w dari si kuning tetapi berhubung dari banyak review di internet  mengatakan jika paket ini suka sedot-sedot pulsa semaunya maka otomatis saya harus menyingkirkan pilihan ini. Rupa-rupanya si kuning masih tidak mau berubah dari jaman jebot sampai sekarang suka curi pulsa. Pilihan berikutnya jatuh kepada operator si angka yang kendengarannya menarik tetapi entahlah apakah bagus atau tidak saat ini saya tidak tahu. Dulu sempat pakai saat masih jaya-jayanya paket A*N tetapi setelah paket itu meredup maka sudah tidak pernah sentuh-sentuh lagi dengan produk-produk si angka. 

22 comments:

  1. Saya juga ngalamin sama persis dg agan. Sampah emang XL, tapi saya udah ganti ke telkomsel semenjak 2bln lalu. Sekarang telkomsel paket kuotanya lumayan, rada mendingan yg 35gb(all data)+2gb(hooq), gak rugi2 amat.
    Bagus gan bahasannya, keep good work!

    ReplyDelete
  2. saya mengalami perubahan paket tanpa sepengetahuan saya. saya sediakan pulsa 100rbu untuk perpanjangan paket Broadband Plan S seharga 75rbu yg berakhir pada 3 may 2018. tetapi saat saya cek via portal my.xl.co.id pulsa saya jadi 0 dan paket MBB XL GO IZI sudah aktif tanpa saya aktivasi. dan saya masih menerima sms untuk perpanjangan paket Broadband Plan S. ini penipuan namanya!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayapun mengalamin Hal yang sama, baru juga semalem beli paket XL GO, pas pagi Koneksi ga nyambung-nyambung, trs saya tanyakan ke CS, dan dia reset kartu saya, ehh malah paket saya hilang !!

      Delete
    2. Sama... Pulsa sy dari 125 ribu jd 0 Rupiah. Paket saya berubah jd XL GO IZI. Malah barusan terima sms bahwa pulsa saya tidak mencukupi untuk perpanjang paket S. Apa kabarnya sisa kuota saya sblmnya,sy perpanjang otomatis krn sy msh diluar negeri. 40 Gb hangus percuma. Deaktivasi kartu, 50 ribu pulsa ga masuk, well it's seem everything goes IZI for XL, bagian maling duit pelanggannya yg easy.

      Delete
    3. Iya saya juga mengalami hal serupa. Saya ngisi 130 rb untuk isi ulang xl go yang lama.. ehhh malah kesedot buat paket mbb go izi parah banget sumpah.. kesedot semua lagi. Dan saya mau coba non aktivin paket mbb go izinya ga bisa. Kan terhormat sekali ni provider.

      Delete
    4. Iya saya juga mengalami hal serupa. Saya ngisi 130 rb untuk isi ulang xl go yang lama.. ehhh malah kesedot buat paket mbb go izi parah banget sumpah.. kesedot semua lagi. Dan saya mau coba non aktivin paket mbb go izinya ga bisa. Kan terhormat sekali ni provider.

      Delete
  3. saya juga mengalami perubahan paket tanpa sepengetahuan saya. saya sediakan pulsa 125 ribu untuk beli paket XL Go M seharga 125 ribu, tetapi saat saya cek via hp, pulsa saya jadi 0 dan paket XL GO IZI sudah aktif tanpa ada konfirmasi.

    ReplyDelete
  4. Barusan ngalamin juga, mau beli paket kok tidak ada menunya, kata operator saya unreg paketan, padahal saya ga merasa unreg, bulan kemarin masih baik2 saja tapi sialnya sinyal mati suri 2 minggu rugi bandar hahahaha, untung belum beli paketan,kalao begini di unlock aja dech, gan bagi info dong unlock my fi

    ReplyDelete
  5. Sebagai perbandingannya GO.IZI vs XtraCombo malah lebih murah xtracombo.
    Nah terus apa gunanya sy beli mifi seharga 500rb 4bln yg lalu.?

    Bangsat XL, kmren isi pulsa 100rb lngsung dituker paket izi 12.5gb + 12.5gb youtube tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  6. payah memang xl sekarang dengan paket izi nya yang nyuruh bergadang. saya beli modem dengan promo 90gb 6 bulan karna sudah percaya dengan xlgo saya kira ini adalah paket bunding yang sama tetapi paket izi ini payah. cuma 1gb untuk reguler selama 1 bulan sisanya 14gb midnight sama youtube, lebih parah lagi bulan kedua midnight sama regulernya sama sekali tidak bisa digunakan. huh.........

    ReplyDelete
  7. xl go memang bangsat

    ReplyDelete
  8. demo aja demo, kemaren baru sisa pulsa gw 25rb ilang begitu saja, trus paketan diganti ke IZI. jaringan ngadat. fix bulan depan pindah operator, mahal dikit tp jaringan lancar. sukur unlock!

    ReplyDelete
  9. unung ane beli mifi yang versi unlock bro jade yg xl go ane gk pake lagi terhitung bulan april..he...ane pake 3 pket 4G on 1bulan 30 gb
    100 rb ..kekurangannya gk secepat xl go tapi lumayan lah

    ReplyDelete
  10. Itu trik buat ngelakuin modem nya gan,setelah laris yaa gitu dah.. paket langsung berubah ke izi dan ada pembagian yang kaga ada gunanya.. *permainan dari XL*

    ReplyDelete
  11. Sy dah kadung beli XL go trus gimn gan

    ReplyDelete
  12. Parah emg nih... saya juga 130k beli pulsa langsung kesedot mbb go izi.padahal nial buat xl go.. Apaan lahh! #permainan xl

    ReplyDelete
  13. Parah emg nih... saya juga 130k beli pulsa langsung kesedot mbb go izi.padahal nial buat xl go.. Apaan lahh! #permainan xl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan hari ada yang pos di FB XL (di bawah komen saya) kalau tidak salah sudah kehilangan pulsa Rp 700 ribu. Wah kalau saya bisa semaput kehilangan pulsa segitu. Hilang Rp 25 ribu saja saya sudah mencak-mencak.

      Delete