Wednesday, April 18, 2018

Belanja Pakai Tcash Di Elevenia Yang Enggak Banget


     Dulu sebenarnya pernah belanja pakai Tcash di Elevenia dan hasilnya error. Seperti biasa saya langsung komplain CSnya dan direspon dengan cepat. Hasilnya pembayaran dengan Tcash tetap gagal. Cuma meskipun gagal bayar tetapi saldo tak berkurang. Saya berpikir mungkin karena saya bayarnya siang jadi server (entah servernya Tcash atau Elevenia) padat dan rawan error jadilah keesokan paginya saya coba kembali membayar dengan Tcash dan hasilnya lancar. Sejak saat itulah saya nyaman menggunakan cara pembayaran dengan Tcash di Elevenia beberapa kali.
     Sampai kemudian saya mencoba kembali berbelanja di Elevenia dengan memakai Tcash. Setelah membuat token saya pun masukkan kodenya di halaman pembayaran Elevenia. Hasilnya jreng jreng… pembayaran gagal dan sialnya saldo Tcash terpotong. Saya cepat-cepat komplain ke CS Elevenia dan disuruh menunggu 24 jam. Saya kira setelah 24 jam akan batal otomatis dan saldo dikembalikan. Teryata setelah 24 jam transaksi tidak batal dan tetap menyajikan status menunggu pembayaran. Heran deh. Gak tahu ini yang trobel Elevenianya atau Tcashnya? Saya kembali komplain dan dijawab oleh CS Elevenia disuruh komplain ke Tcash. Saya mulai merasa ada gejala per-pingpong-an (mirip kasus BRI vs Alfamart yang pernah saya tulis). Saya belum pernah komplain ke Tcash selama ini cuma saya melihat akun resmi twitternya lamban sekali dalam menangani komplain bahkan banyak yang tidak ditangani dengan baik. Jadilah pagi-pagi saya sudah komplain lewat DM Twitter Tcash sekaligus saya twit langsung (tanggal 1 April 2018). Kalau tidak salah sesudah itu ada pihak Elevenia menghubungi saya lewat telpon jika mereka memang belum menerima pembayaran itu. Saya iyakan saja karena toh bagaimana pun saldo jelas-jelas sudah terpotong tetapi mengapa kok dikatakan pembayaran belum diterima? Saya harus ngeyel bagaimana lagi?
     Belanja online memang menyenangkan, praktis, dan mudah namun salah satu kelemahan yang sangat nyata adalah rawan terjadinya trobel entah itu dalam pembayaran atau pengiriman. Coba deh kita lihat FP belanja online selalu sarat dengan para pelanggan yang mengalami masalah. Ada situs belanja yang hanya membiarkan para pelangganannya yang tidak puas namun ada juga yang mencoba membantu memberikan solusi. Akan tetapi dengan semakin kompleksnya layanan yang diberikan situs belanja online baik metode pembayaran maupun jasa kurir membuat potensi masalah yang muncul juga semakin banyak dan beragam. Nah inilah yang seharusnya harus sudah dipikirkan oleh mereka cara penanganannya atau error counternya. Jadi begitu muncul masalah begini mereka sudah tahu harus diberikan solusi yang bagaimana. Begitu pula jika muncul masalah begitu maka tentu lain lagi solusinya. Yang repot jika mereka tidak menyiapkan error counter sehingga begitu ada masalah mereka cuma bisa lempar ke pihak lain atau lebih buruk lagi justru menyalahkan pelanggan. 
     Hingga hari ini saat tulisan ini diturunkan (18 April) masih belum ada respon sama sekali dari Tcash yang berarti sudah 17 hari masalah ini masih menggantung tidak jelas. Sedemikian pelikkah mengatasi masalah semacam ini hingga memerlukan waktu yang sangat amat lama sekali??



No comments:

Post a Comment