Wednesday, January 23, 2019

Cara Mengatasi Pipa Paralon Yang Tersumbat


     Beberapa hari ini pipa pembuangan air kamar mandi mampet. Entah apa sebabnya tapi seperti sebuah rutinitias jika usai acara hajatan selalu mampet seperti ini. Dugaan saya sih ini karena orang-orang yang seenaknya membuang segala macam sampah ke lubang pembuangan itu. Dulu pernah ditemukan spons, potongan kain, dan bahkan sisa sayur mentah. Semestinya bahan-bahan ini dibuang di tempat sampah dan bukan ke lubang saluran pembuangan air. Akan tetapi namanya juga orang Indonesia susah benar diajak disiplin jadinya ya begini inilah. Kita harus sangat memakluminya.
     Langkah pertama adalah memeriksa pipa di dekat comberan. Ternyata memang pecah sedikit. Saya menduga ini biang keladinya. Karena itu bagian pipa yang pecah ini kemudian saya angkat. Akan tetapi lagi-lagi saluran air masih mampet juga. Ahh… kenapa lagi ini? Adik saya menyarankan supaya diberi soda api. Di internet pun banyak yang menyarankan pemakaian soda api tetapi terus terang saya sedang malas berangkat ke toko bangunan buat membelinya.  Akhirnya bapak bilang sebaiknya pakai potongan selang bekas saja. Agar pergerakan selang lancar maka saya pakai pelumas” dari oli bekas. Sebenarnya lebih baik menggunakan jelantah karena oli bekas mudah mencemari tanah dan air. Yang penting pakai sedikit saja. Logika saya oli akan membuat sampah-sampah yang menyumbat menjadi lebih licin sehingga dapat lebih mudah dikeluarkan. Setelah saya tuangkan oli bekas di lubang saluran pembuangan air kemudian saya ambil selang. Selang ini diameternya sekitar 1/4 dim. Kuncinya selang harus cukup kaku tetapi juga cukup fleksibel supaya bisa menekuk kesana kemari. Selang yang kaku begini biasanya harganya lebih murah dibandingkan yang lentur. Saya pun kemudian memasukkan selang ini pelan-pelan ke saluran pembuangan air hingga kemudian seperti menabrak sesuatu yang saya yakini adalah si biang keladi yang telah menyumbat pipa. Saya tekan-tekan berkali-kali hingga akhirnya ada suara keras seperti benda yang terlepas. Memang dibutuhkan kesabaran tetapi toh pada akhirnya berhasil juga. Saluran air kembali bisa bernapas lega dan benar memang ada gumpalan sampah yang cukup banyak di dalam saluran air itu. Cara yang sangat mudah dan tak perlu keluar biaya apapun. Jadi jika di rumah anda ada selang bekas jangan buru-buru membuangnya karena bisa dipakai sebagai senjata ampuh mengatasi pipa yang sedang tersumbat. 

No comments:

Post a Comment