Monday, April 17, 2017

Paket XL-Go Yang Memble Abis


Tadinya sih saya enggak ada niatan buat review paket XL-Go. Kemarin-kemarin niatnya saya cuma mau beli mifi XL-Go unlocked. Mengapa unlocked? Ya karena saya sudah tahu memblenya koneksi XL selama ini. Axis atau XL sekarang setali 3 uang. Lalu kenapa milih mifi XL? Karena murah dan unlocked. Kalau locked ya ogah mau dikasih 10 ribu perak harganya. Kalau mifi bundling si merah mahal sekali. Akan tetapi ternyata semua mifi XL-Go yang dijual di toko OL sudah include paket 60 GB (48 GB 4G + 12 GB all) jadi ya mau gak mau saya pakai sajalah ketimbang mubazir. Lumayanlah 12 GB selama 2 bulan. Masalah lain karena wilayah rumah saya yang belum tercover 4G XL tetapi kalau di tengah kota sudah tercover. Di rumah hanya si merah, si kuning, dan semar yang sudah 4G yang ketiganya sudah kesohor dengan harga paketannya yang mahalnya audzubillah. Jadilah akhirnya saya coba pakai mifi + kartu XL-Go.

Seperti yang sudah saya duga sebelumnya = MEMBLE koneksinya! Kadang lancar kadang enggak tetapi sangat jauh lebih sering enggaknya. Malah di rumah mertua gak mau jalan blas karena sinyal 3G XL enggak ada padahal kalau lihat iklannya sih kayaknya bisa dipakai dimana saja. Padahal rumah saya dengan mertua hanya berjarak tidak sampai 2 km. Labil banget dah pokoknya bikin sakit kepala. Penasaran akhirnya saya coba gantikan kartunya dengan punya si merah. Saya masukkan kartu si merah ke dalam mifi dan wuzz... kenceng bo gak pakai pusing gak pakai naik darah. Padahal itu kartu 3G yang belum saya tukar ke kartu 4G. Akan tetapi cuma saya coba sebentar karena kalau diterusin bisa bolong nih kantong. Sinyal 4G XL memang entah kenapa lamban masuknya kesini padahal dulu sewaktu masih boomingnya 3G, XL 3G langsung muncul sesudah si merah 3G. Sekarang malah keduluan si kuning sudah 4G.


Sewaktu saya bawa ke tengah kota yang ada sinyal 4G XL ternyata sama saja parahnya. Mifi enggak mau pindah ke 4G. tetap saja manteng di 3G jadinya kuota 3G yang terpotong terus padahal kuota ini kecil jumlahnya. Akhirnya saya paksa dengan mengaktifkan opsi 4G only. Hasilnya malah gak mau register network padahal kalau di-search network keluar tuh label 4G XL. Gak tahu deh masalahnya di mana. Akan tetapi saya tidak kaget karena ya beginilah XL dari dulu. Mau pakai ponsel, modem, router, mifi, atau apalah-apalah XL bakalan tetap memble abis. Penyakit kronis XL lain yang  gak sembuh-sembuh sampai sekarang adalah upload rate-nya yang payah. Makanya kalau lihat blog saya ini artikelnya banyak yang tidak ada gambarnya dan ini tentu saja membuatnya tidak menarik tetapi saya juga tidak bisa berbuat apa-apa. File gambar enggak sampai 100 KB saja harus saya upload lama sekali sampai bulukan. Akhirnya saya jadi malas mau upload gambar sekarang. Mungkin suatu hari kalau saya sudah menemukan koneksi yang wuzz + terjangkau saya akan upload semua gambarnya. Ke depan saya masih belum tahu mau pakai operator mana lagi karena jika saya lihat sementara ini paket internet yang masih termasuk murah hanya dimiliki XL dengan paket XL-Go ini dan 3 dengan paket NonStop 4G. Untuk 3 sebenarnya rumah belum tercover 4G cuma kalau di-search network keluar label sinyal 4Gnya. Entah itu sinyal pantulan atau apa dan bisa dipakai atau enggak saya belum mencobanya.  Sebenarnya ada banyak wifi bertebaran tapi wong diprotek semuanya. Wifi.id yang murah juga jauh sekali lokasinya.  Mana bisa tertangkap disini? IndieHome gak ada kabelnya. Nasib... Kesimpulannya XL-Go tidak layak dan tidak recommended untuk digunakan dalam mengakses internet dewasa ini.

Update 28 April 2017
Iseng-iseng kemarin sore search network di mifi dan ternyata eh keluar sinyal 4G XL. Sebuah kabar gembira. Sinyalnya memang kecil sekali jadi terpaksa mifi saya letakkan di luar. Langsung saja saya set mifi ke 4G only agar menggunakan kuota 4G. Hasilnya wuzz deh... Kalau begini saya juga tidak berkeberatan memperpanjang paket XLGO ke depan. Saya pikir menggunakan mifi jauh lebih irit daripada harus membeli paket internet untuk masing-masing kartu dalam ponsel. Dengan 1 mifi sudah bisa digunakan untuk ponsel, PC desktop, dan laptop sekaligus. Mifi juga membuat ponsel lama tetap berjaya. Tidak perlu sebentar-sebentar ganti ponsel hanya sekedar untuk mendapatkan ponsel yang support 4G.
Satu kelemahan dari paket XLGO ini adalah tidak berlaku akumulasi kuota. Jadi kalau masih ada sisa kuota maka akan hangus pada perpanjangan periode pemakaian berikutnya.
Update 21 Mei 2017
Sudah sebulan menggunakan XLGO. Kesimpulan sementara tidak begitu memuaskan. 4G-nya 11 12 dengan HSDPA Telkomsel.

Update 12 Juli 2017
Jika sebelumnya saya masih numpang di BTS LTE XL kecamatan tetangga, mulai awal puasa kemarin sinyal LTE sudah membesar dan ternyata BTS LTE XL dekat rumah sudah mulai beroperasi. Syukurlah MIFI tidak perlu ngoyo lagi mencari-cari sinyal LTE sehingga lebih irit baterai. Untuk perpanjang paket ternyata kuota bulan sebelumnya tetap diakumulasi dengan syarat tidak telat memperpanjang paketnya. Bahkan ada bonus khusus jika memperpanjang paket sebelum masa aktif paket berakhir. Contoh untuk paket L ada bonus LTE 4GB. Lumayanlah.

Update 7 Agustus 2017
Kesimpulan sementara paket XLGo ini adalah kurang realible. Ini terlihat dari seringnya gangguan yang terjadi. Minimal 1 minggu ada 1x kali gangguan entah itu mendadak lemot atau sama sekali tidak bisa akses internet hingga sinyal hilang. Di sini saya tuliskan minimal 1x/minggu yang berarti sebenarnya kenyataan di lapangan bisa lebih dari itu. Durasinya juga macam-macam dari hanya satuan menit hingga harian. Jadi jika anda menggunakan paket ini untuk sekedar akses medsos tentu bukan masalah besar tetapi jika menggunakannya untuk bisnis semisal toko online saya sarankan sebaiknya menggunakan operator lain yang lebih bisa dihandalkan. Anda tidak ingin dikomplen pelanggan gara-gara bisnis anda ngadat karena akses internet anda sering bermasalah kan?

1 comment:

  1. "Satu kelemahan dari paket XLGO ini adalah tidak berlaku akumulasi kuota. Jadi kalau masih ada sisa kuota maka akan hangus pada perpanjangan periode pemakaian berikutnya."

    ndak juga, hari ini untuk kedua kalinya saya lakukan.

    baru saja saya beli paket M langsung ditambahkan sisa sebelumnya, sekarang ada 70G di tabungan paket saya.

    pembelian ini saya lakukan sebelum masa habis paket sebelumnya jam 23:59 nanti malam.

    ReplyDelete