Friday, September 14, 2018

Kisah Pribadi Mendapatkan Green Card


     Semakin susahnya mendapatkan kehidupan yang layak di Indonesia membuat saya berpikir untuk memulai hidup baru di negara orang sejak dulu. Apalagi ada salah satu teman yang dulu pernah kerja di Amrik sono sekitar awal tahun 2000. Ceritanya sudah jelas jika hidup di Amrik sono memang lebih menjanjikan dibandingakn di negara ini sampai-sampai ada istilah American Dream. Kalau kata teman saya itu American Dream itu adalah UANG! Tak pelak memang sejak bekerja di sana teman saya itu bisa menabung uang dengan jumlah yang lumayan banyak yang takkan mungkin bisa diraihnya jika hanya mengandalkan kemampuannya di Indonesia. Padahal dia bekerja di sana juga boleh dibilang hanya bekerja kasar. Begitu pulang tahun 2005 lalu dia langsung membeli mobil baru walaupun sudah memiliki mobil lama. Dia juga sudah membeli sebidang tanah yang ditanami jati emas dan gaharu. Sisa uangnya masih cukup untuk membuat rumah besar, toko, dan mengisinya dengan berbagai barang dagangan. Padahal dia bisa bekerja di sana karena menyalahgunakan visa studinya dan bahkan sempat overstay. Saya kira dia adalah salah satu dari sekian juta imigran yang menyerbu Amrik dan mencoba meraih American Dream itu dan ternyata memang berhasil. Itulah mengapa (masih kata teman itu) banyak imigran gelap tetap tinggal di sana hingga hari ini.
     Nah saya pun juga ikut tergiur untuk bisa bekerja di sana tetapi bagaimana caranya? Ubek-ubek di internet ternyata supaya bisa bekerja secara legal di sana memang sangat sulit dan mungkin karena itulah banyak orang lebih suka menggunakan jalan pintas menjadi imigran gelap atau menyalahgunakan visa. Satu-satunya jalan masuk yang tersisa hanya lewat program diversity visa atau DVlottery yang diadakan setiap tahun (biasanya bulan Oktober-Nopember). Jika ingin mengetahui jadwalnya lebih pasti silahkan rajin-rajin akses situsnya. Jadilah sejak 2005 saya mencoba rutin ikutan setiap tahun memasukkan data-data ke formulir online di situs DVlottery. Akan tetapi namanya juga lotere ya sudah sangat jelas jika peluang menangnya kecil sekali apalagi setiap tahun saya percaya pasti ribuan orang Indonesia juga ikutan sementara kuotanya biasanya hanya beberapa puluh orang. Jika berhasil memenangkan lotere ini dan mengikuti semua prosedur yang ada maka peserta akan memperoleh greencard (GC). Dengan GC ini seseorang bisa tinggal di Amrik dan menjadi penduduk (PR atau permanent resident) di sana tanpa harus menjadi warga negara Amrik. Jadi jika kita memiliki GC ini kita tetap tidak kehilangan status sebagai WNI. Di amrik pemegang GC memiliki hak dan kewajiban sama dengan warga negara AS kecuali tidak bisa mengikuti PEMILU Amrik. Jadi jika anda memang berminat atau memiliki keinginan untuk bekerja dan tinggal di Amrik maka DVlottery ini layak dicoba. Ada yang mencoba sekali dan berhasil dan adapula yang berkali-kali seperti saya namun gagal terus. Sebenarnya sih masih ada jalan lain untuk memperoleh GC ini selain mengikuti lotere yaitu menikah dengan WN Amrik ataupun lewat sponsor tetapi tetap saja keduanya juga tak mudah.
     Akan tetapi yah rupa-rupanya Dewi Fortuna belum berpihak kepada saya. Meskipun saya sangat berharap bisa mendapatkan GC tetapi impian tinggalah impian. Hingga 2016 saya masih gagal memenangkan DVlottery sampai akhirnya 2017 saya sudah malas mau ikutan lagi. Karena itulah saya pun harus memupus keinginan untuk bekerja ataupun tinggal di sana. Apalagi sekarang maaf sejak Trump memimpin Amrik, menurut saya menjadikan Amrik semakin kurang menarik walaupun Amrik tetap bagus dan hebat secara ekonomi. Berlanjut ke pembahasan DVlottery. Jika anda terpilih maka anda akan menerima NL (Notification Letter) yang biasanya dikirim lewat pos. Di dalamnya ada berbagai dokumen yang harus anda lengkapi untuk dikirimkan kembali. Setelah itu jika lolos masih ada proses berikutnya yaitu wawancara di Kedubes Amrik. Jadi jika peserta memenangkan DV tidak secara otomatis akan dijamin langsung bisa mendapatkan GC. Masih ada sejumlah proses yang harus dijalani dan itu cukup memakan waktu bisa sampai bertahun-tahun lamanya.
     Oya saat memasukkan data-data di dalam formulir online di situs DVlottery pastikan untuk memasukkan data yang sebenar-benarnya. Jika anda sudah berkeluarga, kesempatan menang bisa diperbesar dengan memasukkan pasangan hidup ke dalam formulir terpisah. Seandainya pasangan anda menang maka anda mendapatkan GC turunan yang sama fungsinya dengan seperti yang dimiliki oleh pasangan. Selain data, peserta juga diharuskan mengupload foto diri dan anggota keluarga lainnya. Nah untuk ini perlu perhatian khusus karena ada aturannya seperti ukuran file, resolusi, dll dan bahkan untuk bayi atau anak juga ada aturannya. Usahakan untuk membuatnya di studio foto dengan kamera profesional untuk menghasilkan foto yang benar-benar kelihatan profesional. Jika memotret sendiri biasanya masih ada kelemahan seperti bayang-bayang di belakang yang sukar dihilangkan. Yang pasti uploadlah foto yang benar-benar asli dan jangan diedit sama sekali. Aturan untuk foto yang akan diupload biasanya sudah dijelaskan di situs tersebut dengan sangat detil. Ada baiknya anda terlebih dahulu membacanya dengan teliti. Untuk mengisi formulir online ini sebaiknya isilah pada awal-awal periode karena jika menunggu the last minute ada kemungkinan situs akan lemot karena terlalu banyak yang mengakses. Begitu selesai mengisi formulir jangan langsung ditutup tetapi catatlah nomor entry anda untuk mengecek apakah anda memenangkan lotere ini atau tidak tahun depan. Ini penting karena bisa saja NL anda nyantol entah dimana saat dikirim lewat pos. Yang pasti GC ini berlaku seumur hidup selama anda tidak meninggalkan Amrik dalam tempo yang lama.  Akhir kata kalau ada yang salah silahkan dikoreksi, nanti akan saya update langsung di sini. Silahkan dicoba dan semoga anda beruntung, kawan!

No comments:

Post a Comment