Tuesday, July 3, 2018

Operator Tri Yang Sangat Merugikan Pelanggan!


     Akhirnya setelah nyaman memakai Tri hampir 2 bulan eh masalah yang mengganggu mulai muncul. Awalnya saya menggunakan paket promo harian Rp 2000/2,5 GB. Akan tetapi rupa-rupanya kuota segitu sering tidak cukup karena si kecil dan mamanya suka streaming mulai pagi sampai larut malam. Akhirnya sebagai solusinya saya menambahkan paket internet 20 GB bulanan (10 GB reguler dan 10 GB Youtube). Disinilah mulai timbul masalah. Yang pertama saya menduga jika saya memakai internet apapun bentuknya maka yang akan terpotong adalah kuota harian dahulu karena kuota ini umurnya pendek. Akan tetapi begitu si kecil memakai Youtube maka yang terpotong malah kuota Youtube bulanannya. Walhasil kuota harian 2,5 GB cuma terpakai tidak sampai 500 MB per hari. Banyak yang mubadzir. Okelah saya masih bisa mengerti. Akan tetapi mulai hari ini ada sesuatu yang aneh sewaktu saya cek kuota harian dari pagi sampai sore anteng terus 2,5GB tidak berkurang sama sekali. Yang berkurang justru kuota bulanan reguler!!
     Saya langsung komplen lewat webchat tri dan jawabannya benar-benar tidak masuk akal.
Bukti parahnya CS Tri

Sungguh sangat mengecewakan! Sekarang jadilah kuota harian saya menganggur setiap hari dipotong Rp 2000 dan tidak mungkin saya stop paket harian ini karena ada yang bilang jika sudah distop akan sulit di-REG kembali. Tri telah menempatkan pelanggannya dalam posisi serba salah dan sangat merugikan!  
     Keburukan Tri lainnya adalah jebakan paket internet. Kapan hari saya melihat ada paket 20 GB seharga Rp 70 ribu saja buat sebulan. Tanpa ba bi bu langsung saya REG dan ternyata oh ternyata paket itu dibagi menjadi 2 yaitu untuk pemakaian reguler dan youtube. Sudah terlanjur mau gimana lagi? Dan bagian terburuknya adalah jebakan saat memesan paket lewat USSD. Awalnya setelah pengalaman buruk mendapatkan paket 20 GB yang terpecah dengan Youtube maka saya selalu periksa lebih rinci deskripsi paket itu lewat USSD. Nah di sinilah jebakannya. Biasanya di situ ada pilihan angka 1 untuk membeli. Tadi malam (9 Agustus) tanpa sengaja saya salah memencet angka 5 di layar hape. Saya kira Tri akan merespon gagal pembelian karena saya sudah salah pencet. Akan tetapi akhirnya apa yang terjadi? Paket yang tidak saya harapkan akhirnya terbeli sudah dan yang jelas paket ini akan mubazir karena hanya untuk jaringan LTE yang di tempat saya tidak ada.  Lebih aman memesan paket lewat web Tri langsung tetapi susahnya jika kuota internet sudah benar-benar habis maka cara ini otomatis tidak bisa dipakai. Benar-benar Tri emang topnya merugikan pelanggan!




Hal lain yang menyebalkan adalah saat listrik dari PLN padam maka sinyalnya juga ikut lenyap. Susahnya kalau listrik padam mulai pagi sampai malam maka sinyal Tri juga ikutan libur selama itu. 
































Update: 11 September 2018

Celakanya atau lebih buruknya tiba-tiba paket 4G only itu diperpanjang otomatis padahal tadinya saya kira cuma sekali beli. Bagaimana bisa paket yang sama sekali tidak bisa saya gunakan bisa diperpanjang otomatis?! Tri benar-benar sangat buruk billingnya! Jauh lebih buruk dari si biru yang sudah buruk. Lebih tepatnya Tri adalah operator terburuk. Pantas saja coverage sinyalnya dari dulu lambat sekali perkembangannya. Saya yakin di tempat saya tidak ada yang mau pakai operator busuk ini. 

Update: 19 November 2018
Hingga saat ini hampir setiap hari koneksi internet Tri mengalami gangguan. Entah cuma sekedar bengong (RTO) atau lelet luar biasa. Kalau dikomplen CSnya lamban sekali menanggapi dan solusinya juga selalu sama seperti itu restart hape, ganti APN, bla bla basi basi banget. Seolah-olah apapun penyakitnya, obatnya cuma ada satu itu doang. Kalau dikejar terus ujung-ujungnya cuma bisa ngeles "jaringan kami tidak ada masalah". Sebuah senjata pamungkas ampuh lari dari masalah yang sedang dialami pelanggan. 

Yang unik lagi dari Tri ini adalah jika kita memiliki dua buah paket internet: harian dan bulanan maka jika dalam satu hari paket harian habis kuotanya maka tidak dapat secara otomatis pindah ke paket bulanan. Jadi hape harus direstart dulu baru bisa menggunakan paket bulanannya. Jika tidak maka koneksi akan bengong seperti sedang kehabisan kuota. Padahal di operator lain jika paket harian habis kuota maka secara otomatis akan berpindah ke paket bulanan.  

Update: 3 Desember 2018
Saat sedang berjalan-jalan di tengah kota kecamatan beberapa hari lalu saya melihat ada sesuatu yang berbeda dari biasanya. Ternyata sinyal Tri sudah LTE padahal kemarin-kemarin masih HSPA. Saya pun merasa senang karena logikanya saya akan bisa menikmati kecepatan internet yang lebih baik. Akhirnya saya pun pulang dan saat cek di rumah ternyata saya tidak mendapatkan satu bar pun LTE! Cuma logo LTE-nya saja yang nongol. Itupun network mifi harus dipaksa LTE Only. Kalau disetting auto sudah pasti tidak akan bakalan nongol tuh LTE Tri. Internet pada jaringan LTE ini bisa jalan tetapi jauh lebih lambat dibandingkan HSPA-nya. Mungkin karena sinyalnya yang jauh lebih kecil. Mifi pun jadi bekerja keras sekali. Baterai penuh dalam tempo satu jam langsung habis! Bukan cuma itu saja saat dibuat upload sangat lambat sekali. Upload foto 2 MB saja bisa 10 menitan. Yang terburuk adalah USSD tidak berfungsi sama sekali pada setting LTE Only. Jadi saya tidak cek kuota harian lewat USSD (karena memang tidak bisa dicek lewat Bima+). Hanya sekitar 3 hari saya bertahan menggunakan jaringan LTE ini dan akhirnya mifi saya kembalikan ke setting AUTO. Saya pun kembali menikmati HSPA yang lebih stabil. Aneh sekali padahal tower-tower LTE operator lain juga berada di tengah kota kecamatan tetapi di rumah saya bisa mendapatkan sinyal full bar atau paling jelek 3 bar tetapi Tri mengapa tidak bisa? Saya menduga power sinyalnya terlalu kecil. Entah sengaja mengirit power atau bagaimana saya tidak tahu. Sayang sekali padahal paket-paket internet yang lebih murah berada di jaringan LTE only. 

LTE Tri memble
Speedtest Tri dengan sinyal LTE



Selalu gagal saat tes upload dengan sinyal LTE
Speedtest dengan sinyal HSPA Tri lancar. Kesimpulan HSPA Tri jauh lebih bagus dibandingkan LTE-nya.




No comments:

Post a Comment