Friday, October 23, 2020

Disiksa Upgrade CPU!!!

      PC tuaku yang aku beli tahun 2008 sebenarnya masih berfungsi dengan sangat baik. Kalau cuma dibuat browsing-browsing atau mengetik sih bukan masalah tetapi akan menjadi persoalan kalau udah dipakai buat edit video padahal era sekarang adalah era video. Untuk rendering video 480 durasi 1 menit aja butuh waktu minimal 5 menit. Maklumlah prosesor masih jaman Core 2 Duo dan kartu grafiknya Nvidia jadul GT9400 1 GB kalau tak salah. RAMnya juga cuma DDR2 4 GB mentok dah gak bisa diupgrade lagi. 
     Mumpung ada sedikit rezeki coba-coba ah upgrade. Kalau beli baru waduh kantong bolong makanya aku harus mencari pilihan yang bekas. Yang pertama adalah prosesor, udah jelas pertanyaannya mau pakai AMD atau Intel? Kalau AMD aku memang belum pernah pakai jadi tahunya cuma Intel. Laptop juga Intel. Selama ini AMD memang cukup gencar melakukan promosi lewat medsos dibandingkan Intel yang adem ayem. Makanya sempat berpikir mau pakai AMD selain karena harganya juga lebih murah. Akan tetapi.... ternyata AMD itu boros daya! Di sinilah titik yang membuat saya terpaksa mundur teratur. Apa gunanya performa wow kalau boros daya??? Kata teman yang pernah memakai AMD juga mudah panas. Wajar sih karena boros daya jadi mudah panas. Ini berarti sistem pendingin prosesor harus yang bagus. Lagian barang yang cepat panas biasanya mudah rusak. Saya tak mau ambil resiko. Terpaksa saya menyingkirkan pilihan AMD. Saya balik ke Intel yang sudah jelas benar-benar saya tahu kualitas dan realibilitasnya selama bertahun-tahun. Dalam kurun waktu 12 tahun saya memang tak begitu mengikuti perkembangan prosesor Intel. Cuma tahu aja kalau Intel sudah punya i3, i5, dan i7. Kalau pakai i3 yang masih 2 cores kayaknya tak ada bedanya dengan Core 2 Duo yang juga 2 cores. Kalau pakai i7 duitnya gak kuat hehe... Jalan tengahnya jatuh pada i5 Hasswell yang jalan pada socket 1150.
     Pertama saya mencoba membeli di Bukalapak. Saya chat di salah satu seller apakah barang ready dan dijawab bot barang ready. Ya udah saya anggap si seller tahu apa yang dilakukannya dengan memakai bot kayak gitu. Barang pun saya bayar. Lama sekali hampir 2 hari tidak ada kabar dari seller. Chat saya tak dibalas. Sial bener tahu-tahu di suatu malam si seller minta cancel karena barang gak ready! Heran deh seller macem begini kok masih dipiara Bukalapak?! Kezel banget bukan main! Saya pun langsung pencet tombol cancel pesanan dan ternyata sampai keesokan harinya pesanan tak dicancel juga. Entah salah sellernya atau Bukalapaknya. Saya pun komplen lewat DM Bukabantuan dan responnya lamban sekali.  Baru 24 jam lebih pesan saya dibalas dan itupun saya sudah tidur jadi tak tahu. Pesanan tercancel hanya kurang 3 jam dari batal otomatis jadi sebenarnya enggak ada gunanya sama sekali komplen. Empat hari terbuang sia-sia!


     Kapok dengan Bukalapak saya coba Tokopedia membeli motherboard dan RAM DDR3. Begitu barang dapat saya langsung bayar dan 2 hari kemudian tiba di rumah. Karena prosesor belum ada maka motherboard masih tidak bisa digunakan. Saya kembali beli prosesor di Bukalapak karena dana saya sudah terlanjur ngendon disitu. Saya cari-cari prosesor bekas ternyata banyak yang kosong. Kalaupun ada harganya mencekik. Akhirnya saya menemukan seller jual lumayan murah di Batam. Duh jauhnya dan benar dugaan saya harus menunggu 7 hari barang sampai di rumah (pakai J*E)!!! Dah berapa hari waktu saya terbuang sia-sia.
     Begitu semua sudah lengkap saya pun langsung mencoba memasang motherboard pada casing dan eng ing eng... motherboard terlalu kecil alias tidak pas dengan casingnya! Pemasangan casing yang seharusnya perlu waktu beberapa menit jadi beberapa jam! Saya harus mencari akal membuatkan dudukan baru. Gila ini mah! Setelah terpasang saya mulai memasang kabel-kabel dan ada masalah baru. Backpanel tidak pas dengan motherboardnya! Terpaksa backpanel saya rusak lalu saya cungkil keluar dengan obeng. 
     Saat dinyalakan langsung booting si tetapi ada pesan RAM di bank A tak terdetek. Waduh apalagi ini? Saya pun merestart ulang dan error seperti itu muncul terus. Dah stress sampai ubun-ubun rasanya. Saya coba balik keping di bank B ke A masih aja error. Saya copot RAM di bank A dan cuma pakai bank B eh jalan. Lalu saya copot RAM di bank B dan cuma pakai bank A eh ngadat. Jelas ini masalah pada slot RAM! Pusing kepala! Saya pun kemudian mengontak sellernya dan disuruh mengecek pin kaki prosesor. Heran juga kok si seller langsung tahu masalahnya? Apakah mobo2 yang dia jual sering penyakitan seperti itu semuanya? Ternyata saya cek memang ada pin yang bengkok. Asem deh! Kenapa sellernya gak cek dulu? Sama si seller saya diminta meluruskan pin. Ternyata ini bukan pekerjaan mudah. Pin prosesor sangat halus. Saya sudah coba meluruskannya dengan memakai jarum tapi seperti tak terlalu sukses. Kalau saya teruskan takut nanti pin malah rusak atau patah. CPU tetap saja tidak mau membaca bank A. Saya putus asa lalu saya tinggalkan buat melakukan pekerjaan lain.


     Malamnya saya coba nyalakan CPU dan eh terbaca juga bank A. Entah keajaiban apa ini? Esok paginya saya pakai masih lancar jaya tetapi bulan madu tak pernah berlangsung lama. Siangnya PC ngadat lagi dan penyakitnya sama yaitu bank A tak mau mendeteksi RAM. Saya benar-benar habis kesabaran. Saya copot semuanya lalu saya packing buat retur. Sumpah deh rasanya marah, jengkel, kesal, dan sebal campur aduk jadi satu. 
     Akhirnya saya rakit kembali PC lama dan ini juga makan waktu. Dua hari kemudian motherboard datang dan akhirnya syukurlah sukses saya gunakan sampai sekarang. Bekerja jadi bisa lebih cepat hanya saja tidak bisa cepat-cepat amat karena hardisknya juga masih pakai HDD belum SSD. Kalau ada rejeki lagi pengen beli yang SSD.  Semoga awet nih PC seperti yang sebelumnya hingga teknologi baru datang lagi nanti. 

Update: Setelah pemakaian selama sebulan saya cukup puas dengan kinerja CPU rakitan bekas ini. Yang terpenting saat rendering tidak terlalu lama-lama amat (ini belum pakai kartu grafik eksternal). Cuma RAM 8 GB kayaknya masih belum cukup banyak untuk kebutuhan saat ini karena kadang masih penuh juga walaupun software yang dibuka tak banyak. 

No comments:

Post a Comment