Monday, March 6, 2017

Misteri Kelangkaan Minyak Goreng Tiap Promo JSM Minimarket Terkuak Sudah

     Dulu kalau ada promo minyak goreng di minimarket tidak pernah ada masalah artinya mau beli berapapun pasti tersedia di minimarket baik Alfamart atau Indomaret tetapi beberapa bulan belakangan ini keadaan berubah. Tiap ada promo minyak saat JSM (Jumat Sabtu Minggu) begitu Jumat pagi-pagi sudah saya samperin hasilnya SELALU minyak sudah habis. Lho kapan habisnya padahal toko juga baru buka kok sudah habis? Aneh dan itu terjadi di semua outlet. Awalnya saya pikir itu sebuah kewajaran tetapi trennya kok terus menerus? Ada sebuah keganjilan di sini. Setelah saya amati akhirnya saya sampai pada sebuah kesimpulan jika stok minyak goreng yang promo itu dijual sendiri oleh petugas minimarket. Mungkin ada yang bilang ahh bohong tuh tapi saya akan ajukan beberapa bukti:
1.       Tiap jumat pagi beberapa kali saya menjumpai petugas minimarket dengan motor membawa beberapa kardus minyak keluar dari toko dibawa entah kemana. Yang unik adalah kardus itu selalu merek minyak goreng yang sedang promo pada hari itu. Setahu saya suplai barang ke minimarket dibawa oleh mobil box dan bukan oleh motor. Awalnya saya sendiri yang melihat petugas itu keluar dari toko. Beberapa hari kemudian saya dan istri saya sendiri melihat dengan mata kepala sendiri pas berhenti di lampu merah. Di depan saya ada motor seorang berseragam Indomaret membawa beberapa dus minyak sambil membonceng seseorang. No picture = hoax? Hehehe... terserah boleh percaya atau tidak tetapi saya memang tidak berniat memotretnya karena saya tidak ingin  menjelekkan seseorang karena saya juga kenal baik dengan beberapa  petugasnya.
2.       - Ini kisah istri saya sendiri. Dia memiliki seorang teman sebut saja si F yang memiliki toko kelontong. Kisahnya beberapa waktu pas chat dengan si F bercerita dengan bangga jika dia bisa mendapatkan pasokan kebutuhan minyak goreng untuk tokonya dengan harga sangat miring dari minimarket. Rupanya si F enggak tahu kalau istri saya tukang belanja di minimarket. Akhirnya si F keceplosan jika dia mendapatkan pasokan minyak itu dari kenalan petugas minimarket tiap JSM. Hah pantas saja...
3.       - Beberapa waktu lalu saya order minyak yang sedang promo JSM lewat Alfacart berhubung saya sudah tidak kebagian jatah yang offline di Alfamart. Pas cek stok lewat situs ternyata tersedia dan saya lanjut ke pembayaran. Saya order pukul 6 pagi dan seharusnya saya ambil jam 12 siang tetapi berhubung saya lagi butuh minyak dan beberapa barang lainnya maka saya rencanakan ambil pukul 8 saja. Akhirnya jam 8 pun saya berangkat mau ambil barang dan jeng.. jeng... minyak kosong. Lho kok bisa padahal sudah jelas-jelas di situs Alfacart stok tersedia tetapi mengapa begitu saya datangi kok jadi kosong? Apakah situs Alfacartnya yang ngacau? Atau software stok di toko yang “bohong” atau malah petugasnya yang “bohong”? Mengapa kok bisa tidak sinkron antara status stok di toko dan situs Alfacart?? Aneh sekali. Waktu saya komplain lewat Twitter Alfacart oleh CS-nya dikatakan jika stok memang sedang kosong. Lho kosong tapi kok status di situsnya tersedia padahal logikanya situs membuat status ketersediaan stok kan membaca dulu dari status stok di toko apakah memang tersedia atau tidak? Makin tidak jelaslah. Akhirnya berhubung ada 1 item barang yaitu minyak goreng yang tidak tersedia maka otomatis satu nomor order batal semuanya termasuk barang-barang lain tidak bisa diambil. Sebenarnya yang rugi di sini Alfacart atau Alfamart karena gara-gara 1 item tidak ada maka batal semua barang yang lain dibeli oleh konsumen.

         Pihak minimarket harus bisa melihat mana konsumen akhir mana pedagang. Konsumen akhir tidak bisa dan tidak boleh disamakan dengan pedagang. Mereka pasti kalah berebut dengan pedagang. Si pedagang modal jauh lebih besar sehingga bisa membeli berapapun minyak yang mereka inginkan. Semoga ke depan pihak minimarket bisa semakin bijak dalam mengelola promo minyak JSM.

    Update 24 Mei 2017
S     Sore-sore dapat kode LINE parfum seharga Rp 5000 langsung saya meluncur ke Alfamart dekat rumah. Sesampainya di sana saya harus menelan kekecewaan karena ternyata stok habis. Mau pindah ke Alfamart lainnya hari juga sudah jelang maghrib. Didorong oleh rasa penasaran akhirnya saya coba mengecek stok parfum itu lewat aplikasi Alfacart dan ternyata statusnya tersedia. Lho lagi-lagi saya merasa dikadalin oleh petugas toko. Saya tidak tahu permainan apa yang tengah dijalankan oleh petugas Alfamart itu. Bagaimana bisa stok yang jelas-jelas ada jika dilihat dari aplikasi tetapi mengapa di toko bisa tidak ada? Di rak juga kosong tetapi di gudang stok mana saya tahu? Dimana keberadaan stok siluman itu?

S     Seharusnya pihak manajemen pusat minimarket menindak tegas para pegawai yang melakukan praktek-praktek semacam ini. Bagaiamana bisa sih pelanggan berebut stok toko dengan para pegawainya? Tiap kali saya menukar kode vocer di minimarket selalu saja para petugasnya kepo berat darimana saya dapat kode itu. Saya cuma heran kenapa mereka sendiri malah tidak tahu dengan program atau promo yang dibuat oleh pihak manajemen mereka? Bagaimana sih sebenarnya sistem rekrutmen pegawai minimarket selama ini hingga selalu saja terjadi hal-hal seperti ini?

     Update 14 Juli 2017
       Hingga saat ini kelangkaan barang yang sedang promo di Alfamart terus saja terjadi. Beberapa waktu lalu minyak Sania yang mendadak hilang pada hari Sabtu dan Minggu. Saya datang pukul 7.15 di dua buah outlet Alfamart dan semua stok minyaknya habis padahal suasana sedang sepi. Aneh juga toko sepi tapi kok stok minyak kok bisa habis? Akhirnya saat hari Selasa saya belanja di Alfamart saya sudah menjumpai minyak Sania bertumpuk-tumpuk. Begitu promo habis langsung stok menumpuk.

No comments:

Post a Comment