Tuesday, July 18, 2017

Pengalaman Buruk Belanja Pertama Di Bukalapak

     Selama ini Bukalapak merupakan marketplace yang kurang menarik buat saya sehingga saya tidak pernah belanja di situ. Nah kebetulan beberapa hari lalu istri meminta saya untuk membeli barang di Bukalapak. Setelah proses pembayaran akhirnya seperti biasa tunggu barang dikirim oleh kurir dan kali ini menggunakan JNE. Biasanya sih normalnya 3 hari sudah sampai itu barang tetapi saya cek hingga hari Minggu status masih barang dalam proses pengiriman. Saya coba klik belum terima barang ada pesan “Jangan khawatir, barangmu bisa ditunggu sampai dengan 19
Juli”. Ya sudah mungkin memang lagi lelet JNE-nya. Akhirnya tanggal 18 Juli saya cek lagi status pengiriman dan jeng jeng.. status barang sudah meminta feedback yang berarti barang sudah diterima. Saya kaget setengah mati. Itu kapan barang saya terima? Ternyata di status pengiriman barang diterima Sabtu, pukul 20.55. Seumur-umur belum pernah ada petugas kurir yang nganterin barang jam segitu malam. 

     Langkah pertama saya coba komplain ke Bukalapak. Saya bingung mau komplain dimana karena di situsnya tidak ada tempat buat komplain selain nomor telepon (atau saya yang tidak melihatnya?). Beda banget dengan MatahariMall atau Elevenia yang CSnya tanggap jika ada komplain lewat webchat berdasarkan pengalaman saya sendiri. Akhirnya saya coba komplain lewat FB dan lama tidak ada tanggapan. Saya coba PM ternyata message-nya didisable. Langkah berikutnya saya coba komplain lewat twitter karena biasanya respon CS marketplace jika lewat twitter lumayan cepat dan hasilnya no respon. Saya lihat DM Bukalapak juga didisable. Ini kayaknya Bukalapak gak mau terima komplain kustomer deh. Sungguh jelek banget layanan CS Bukalapak. Akhirnya setelah sekian lama barulah CS Bukalapak menjawab jika saya disuruh mengecek orang-orang di sekeliling saya barangkali ada yang menerima dan memang tak ada satupun yang menerimanya. Lagipula kalau mereka mendapatkan paket kiriman pasti dikasihkan ke saya. Saya komplain terus dan dijawab disuruh mengecek di JNE terdekat. Kantor JNE terdekat adalah di Wuluhan dan saya langsung kesana dan dari hasil pengecekan katanya barang saya sedang berada di kantor Ambulu. Lah saya tinggal di Wuluhan kenapa barang bisa di Ambulu? Padahal jarak Wuluhan-Ambulu lumayan jauh.  Bagaimana sih barang belum diterima oleh pelanggan kok bisa dikasih status sudah diterima? Itu jelas sebuah kecurangan dan saya pikir percuma saja curang kayak gitu karena pada akhirnya pelanggan juga pasti akan tahu. Akan tetapi tidak cuma JNE, saya pernah dicurangi oleh jasa kurir lainnya. Bagaimana bisa saya menerima resi dalam keadaan sudah saya tandatangani? Kok berani memalsukan tanda tangan? Bukankah itu termasuk perbuatan melanggar hukum?

     Sore ini (19 Juli) akhirnya saya datangi kantor JNE Ambulu dan benar barang saya masih nyangkut di sini. Waktu saya lihat bungkusnya malah saya lebih kaget lagi ternyata paket dikirim dengan YES dan bukan REGULER. Kalau paket YES (Yakin Esok Sampai) seharusnya sudah datang Jumat malahan karena barang dikirim Kamis tetapi kenapa baru hari ini (Rabu) saya terima?? Itupun tidak diantar langsung ke rumah sehingga saya mesti ambil sendiri. Di labelnya kan ada nomor hape saya, kenapa kok saya tidak dihubungi? Payah banget JNE!

No comments:

Post a Comment