Tuesday, July 11, 2017

Stress Berat Dikerjain MTP USB Driver Error

Sudah 1,5 hari cuma bisa kutak katik komputer yang terkena error MTB USB driver. Berbagai cara dan jurus yang saya dapat dari mbah Google mentah semuanya. Kronologisnya dimulai dari saat pasang Bitdefender anti virus yang langsung secara spontan menghapus file-file penting OS Windows saya. Dua hape yang saya colok ke USB port menunjukkan error dinotify.exe cannot be found tetapi anehnya yang satu lagi tidak bermasalah. Akhirnya saya coba cari-cari di internet file dinotify.exe ini barangkali bisa didonlod. Eh ternyata gak ada satupun yang menyediakan link download. Apes dah akhirnya saya coba ekstrak file ini dari file installer Windows yang ada di hardisk. Bingung juga gimana cara baca file ISO ini. Ternyata bisa pakai software misal POWER ISO dan kebetulan saya tidak punya. Mau download lagi malas, ternyata file ini jika direname menjadi .rar maka isinya bisa dibaca oleh winrar. Jadilah saya rename lalu saya coba buka dengan winrar. Ternyata file-file di dalamnya adalah
file utuh. Ada file install.wim yang berukuran sangat besar (1,8 GB) yang saya yakin file dinotify.exe berada di dalam situ. Akhirnya saya ekstrak dengan winrar. Untuk membaca dan mengekstraknya ternyata harus menggunakan software 7Zip. Terpaksa download dan install karena memang tidak punya software ini. Ternyata file dinotify.exe berada di dalam folder windows/system32. Langsung saya ekstrak ke folder windows/system32 di hardisk. Masalah selesai? Belum. Waktu saya colok hape muncul error MTP USB driver failed. Duh masalah apalagi nih. Saya lihat di device manager ada centang kuning di MTP USB driver.

Kalau trik di internet semuanya menyarankan untuk mengupdate driver MTP USBnya. Saya coba ikuti langkahnya dan malah muncul error 31 yaitu Windows found driver but encountered problem to install it. Sehari penuh saya mencoba menyelesaikan error 31 ini tetapi ternyata tetap saja centang kuning tidak mau hilang. Saya coba pakai mode perintah sfc /scannow untuk
memperbaiki windows dan ternyata ada pesan error windows resource protection yang gak bisa jalan. Saya bingung bagaimana cara menstart service yang satu ini. Ternyata penyebabnya
file trustedinstaller sudah dihapus sama antivirus. Duh makin berat deh masalahnya. Saya coba kembali copy file ini dari installer windows ke folder windows\servicing dan ternyata access denied melulu. Saya coba take ownnership dengan perintah takeown /f c:\windows\servicing dan hasilnya tetap saja file trustedinstaller sama sekali tidak bisa dicopy ke folder itu. Saya benar-benar buntu. Saya coba restart ke safe mode lalu copy file itu dengan cara yang sama tetap saja access denied terus menerus.

Saya coba mencari driver MTP USB di seantero internet dan saya install dan hasilnya tetap saja error 31 terus. Benar-benar stress level tinggi. Akhirnya saya coba aktifkan opsi USB debugging di hape dan hasilnya tetap saja file-file di dalam hape tidak bisa terbaca oleh komputer. Setelah itu saya sudah tidak ingat cara apalagi yang saya gunakan tetapi hasilnya semuanya tetap satu: GAGAL TOTAL! Saya benar-benar sudah membuang banyak sekali waktu d
an semuanya sia-sia belaka. Saya benar-benar menyerah. Solusi terakhir adalah dengan melupakan koneksi hape - komputer menggunakan kabel USB. Setelah browsing sana sini ternyata ada aplikasi airdroid yang bak malaikat penolong. Ternyata dengan aplikasi ini hape bisa dikendalikan dari PC. Jadi semisal transfer file tidak perlu menggunakan kabel atau bluetooth tetapi bisa menggunakan wifi. Lah kenapa kok tidak kepikiran dari kemarin-kemarin? Caranya tinggal install masing-masing di hape yang khusus buat android dan komputer yang buat windows. Dah konekin. Tambahan lagi aplikasi ini juga bisa buat beberapa hape sekaligus langsung tersambung ke komputer. Goodbye kabel USB!

No comments:

Post a Comment