Monday, July 10, 2017

Penipuan Gaya Baru Di Depan Mesin ATM

Selama ini santer di medsos penipuan gaya baru dengan menggunakan uang palsu. Modusnya si penipu pura-pura meminta tolong untuk mentransferkan sejumlah uang ke saudaranya dan dia akan mengganti uangnya dengan uang yang dipegangnya. Sore kemarin (Minggu, 9-7-2017) saya mengalaminya sendiri. Waktu saya akan masuk ke ruang ATM si penipu ini langsung meminta saya untuk mentransfer uang ke salah seorang temannya sejumlah Rp 300 ribu. Dia bilang akan menggantinya dengan uang yang dipegangnya. Deg! Saya langsung berkata dalam hati, ini penipu vulgar banget. Dia memang pintar menunggu situasi ATM sedang sepi karena saat hari Minggu ATM memang selalu sepi tetapi entah dia tahu atau enggak bukankah di depan pintu masuk bank ada CCTV? 
TUTI (Tukang Tipu) in acton

Permintaan dia langsung saya tolak mentah-mentah. Usai mengambil uang saya coba cari barangkali ada SATPAM di sekitar situ buat melapor dan ternyata tidak ada. Semakin hari modus penipuan semakin canggih dan mereka seperti semakin berani dan tidak tahu malu dan pengamanan baik online maupun offline dari pihak bank sendiri juga tidak maksimal. Kasus pembobolan akun nasabah bank M*ndiri beberapa waktu lalu seolah menjadi bukti rawannya keamanan perbankan nasional kita. 

No comments:

Post a Comment