Friday, April 19, 2019

Blaupunkt Sonindo X1+: Smartphone Gagal


Akhirnya perjalanan saya selama hampir 3 tahun bersama Blaupunkt Sonindo tercinta harus berakhir. Sebenarnya setahun belakangan ini sudah sakit-sakitan dan saya tahu rupa-rupanya memang usianya sudah tak lama lagi. Waktu dapat hape ini 3 tahun lalu senang sekali karena yang membuat saya terpesona adalah bentuknya yang tipis dan sangat ringan. Hape ini juga kuat walaupun sudah berkali-kali dijatuhkan oleh si kecil tetapi tidak langsung rusak.
Nah apa yang tidak saya sukai dari hape ini:
1. Kapasitas memori internalnya sangat kecil. Cuma 2 GB. Akibatnya tidak bisa digunakan untuk menginstall terlalu banyak aplikasi dan saya merasa ini adalah kefatalan utama produk ini. Kalau aplikasinya mau diinstall di SDcard sih tak masalah tetapi bagaimana jika tidak? Ini adalah faktor utama yang membuat harganya terjun bebas dulu. 
2. Banyak aplikasi sering forced close contoh Instagram. Ini ngeselin banget. Sudah buat instastory yang bagus eh pas upload forced close. Terpaksa mulai buat lagi dari awal. Kadang 2-3x buat baru bisa upload instastory.
3Video sering bermasalah warnanya di Instagram. Kadang muncul garis-garis warna hijau atau biru di dalam video yang muncul setelah diupload. Sebuah cacat yang belum pernah saya jumpai di hape merek lainnya. Akibatnya saya selalu was-was jika upload video di Instagram.
4. Microphone gampang rusak. Yang terakhir entah bagaimana tiba-tiba saat menelepon orang di seberang selalu bilang jika suara saya kecil walaupun saya sudah berteriak dan mendekatkan mic ke mulut. Saya coba bersihkan di dalam mic hasilnya nol. Mic tetap saja rusak.
5. Tombol power rapuh. Entah bagaimana akhirnya tombol patah dan tidak bisa digunakan sehingga saya kemudian menggunakan ujung gunting untuk menyalakan atau mematikan hape.
6. Kamera depan kurang bagus menghasilkan gambar khususnya di tempat yang agak minim cahaya.
7. Layar mudah rusak. Entah bagaimana awalnya mendadak keluar garis-garis putih di bagian bawah layar. Garis-garis vertikal ini kemudian menyebar hingga menutupi 70% permukaan hape. Pada akhirnya garis-garis putih di bawah ini kemudian berubah menjadi gelap total (blank). 
8. Wifi kurang peka terhadap sinyal dan kadang entah bagaimana sinyalnya muncul hilang muncul hilang terus padahal di hape merek lain normal-normal saja. Apalagi kalau buat upload duh ampun deh.
9. Dan tentu saja belum support 4G.
10. Kabel chargernya mudah rusak. 
11. Sensor GPS rusak. 
12. Yang terakhir nih layar koit. Touchscreen juga ikut mampus sehingga hape tidak bisa dioperasikan dengan cara apapun juga. 


No comments:

Post a Comment